Header Ads

Personel JKT48 Jadi Superhero





JAKARTA – Kecantikan para personel JKT48 sudah tidak diragukan lagi. Bahkan sebagian berpikir bila para member sangat cocok berperan sebagai tokoh anime. Mereka pun didapuk menjadi tokoh komik Heart Break.
Dalam proyek tersebut, JOT menggandeng Kosmik, platform penerbitan komik online maupun cetak lokal.
’’Semoga semakin banyak pencinta komik yang mengenal JKT48,’’ tambah Elfi ketika ditemui di Teater JKT48, fX Sudirman, Jakarta Pusat, seperti dilansir Jawapos.
Dalam Heart Break, para member JKT48 tidak diceritakan sebagai idol group. Mereka menjadi superhero bernama I.D.O.L (Intensified Dealers with Outlandish Linkage).
Empat karakter JKT48 yang divisualisasikan dalam komik Heart Break.
Empat karakter JKT48 yang divisualisasikan dalam komik Heart Break. (Glandy Burnama/Jawa Pos)
Walaupun bukan seperti keseharian mereka, karakter I.D.O.L di Heart Break tetap dibuat berdasarkan ciri khas member JKT48. Itu sebabnya, tim Kosmik sempat melakukan riset berupa pengamatan dan wawancara dengan 32 member yang akan dibuat tokoh komiknya.
Tiap member ditanya sifat, kesukaan, dan ciri khasnya. Kemudian, tim Kosmik memberikan sedikit sisi lain atau perubahan karakter. ’’Supaya tidak bosan dan variatif,’’ tambah CEO Kosmik Sunny Gho. Untuk desain karakter dan tata artistik, Kosmik menggandeng Kroma, tim comic art di Bandung.
Pembuatan komik dengan karakter yang terinspirasi dari member JKT48 ini mirip dengan proyek yang dilakukan oleh AKB48.
Grup asal Akihabara, Tokyo, Jepang itu sudah dibuatkan manga dan anime yang terinspirasi dari para membernya. Yakni AKB49: Renai Kinshi Jourei dan AKB0048. “Kami memang tahu tentang hal itu, tapi kami membuat komik yang memang berbeda dari kisah mereka,” kata Sunny.
Empat karakter pertama yang muncul terinspirasi dari empat member yang hadir saat jumpa pers. Empat karakter itu adalah Tempest (terinspirasi dari Veranda), Valkyrie (terinspirasi dari Vienny), Matron (terinspirasi dari Melody), dan Yuvia (terinspirasi dari Yuvia). ’’Kami terkejut sekaligus senang begitu ada tawaran menjadi karakter komik,’’ tutur Veranda.
Melihat diri mereka tampil dalam wujud superhero dengan kemiripan dan perbedaan karakter asli membuat para member tertawa. “Tapi, overall ceritanya benar-benar keren. Tim Kosmik tahu cara mengemas cerita dan karakteristik masing-masing member,” tambah Melody.
Keempat member itu sendiri juga menyukai cerita superhero dan berangan-angan menjadi superhero. “Impian kami akhirnya terwujud dalam bentuk komik,” tambah Vienny lantas tertawa.
Para member sendiri mengaku hanya terlibat dalam riset karakter saja. Mereka sama sekali tidak terlibat dalam pembuata scenario.
“Kami mau Kosmik lebih leluasa dan bebas membuat cerita. Kalau terlalu diarahkan, kan jadinya tidak bisa total,” kata Vienny.
Komik terbit secara online di website Kosmik setiap sebulan sekali mulai Jumat (27/1) hingga Desember 2017. Untuk versi cetaknya, Kosmik akan menerbitkan setiap dua bulan sekali. Masih belum ada kejelasan dimana para fans maupun pembaca bisa membeli komiknya.
Rencananya, setiap bulan, akan dimunculkan karakter baru yang terinspirasi dari member JKT48 lainnya. Saat ini, member JKT48 berjumlah 70 orang (termasuk Jeje yang baru saja mengumumkan graduate). Sister group AKB48 itu ingin agar nantinya ada karakter sampai sesuai jumlah member.
Ditanya apakah Heart Break akan diangkat menjadi animasi atau live action, baik Sunny maupun Elfi memiliki harapan seperti itu.
“Ya doakan saja bisa sukses. Nanti kalau memang komiknya sukses, bukan tidak mungkin kami buat animasinya,” kata Sunny.
(edh)
Powered by Blogger.