UTAMA: 16 member yang terpilih masuk tim senbatsu hasil pemilu ala JKT48. (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)
JAKARTA – Sebanyak 32 member JKT48 telah terpilih untuk membawakansingle ke-10 pada Sabtu (2/5) lalu. Setelah diumumkan perolehan suaranya dalam senbatsu sousenkyo, satu per satu member JKT48 menyampaikan speechsingkat. Ada yang tidak kuasa menahan air mata, ada juga yang mencoba untuk tetap tegar.
Dalam event yang diselenggarakan di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah (TMII) itu, seluruh member kompak menyampaikan rasa terima kasihnya pada penggemar. Sebab, fans sudah bekerja keras untuk mendukung mereka. Ini rangkuman ekspresi tujuh member yang mendapat perolehan suara terbanyak.
Ratu Vieny Fitrilya (Tim KIII) – 15,876 suara (peringkat 7)
Setelah event pemilihan, dia berharap agar para fans tidak melemah pada dirinya. Dia ingin agar selalu diingatkan kalau melakukan kesalahan. Member 19 tahun itu juga meminta agar fans tidak sungkan-sungkan untuk memarahinya kalau dia tidak berusaha keras. Sebab, dia ingin menjadi Vienny yang kuat.
Dia mengatakan seperti itu karena belakangan fans mulai menerima sikapnya yang saat ini. Padahal, Vienny ingin menjadi lebih kuat, hebat, dan disukai semua orang.''Aku nggak ingin didukung dengan apa adanya. Aku ingin didukung karena memang pantas mendapat dukungan,'' ujarnya.
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
Shania Junianatha (Tim J) – 15,984 suara (peringkat 6)
Member yang bergabung dengan generasi pertama JKT48 sejak usia 13 tahun itu merasakan betul kekuatan fans. Dia pernah merasa putus asa. Tapi, bersama fans, dia berusaha mengatasinya. Member yang akrab disapa Shanju itu juga sadar betul betapa sulitnya fans mengantar dia sampai posisi 6.
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
Kadang dia berpikir kenapa dalam satu grup harus ada persaingan. Namun, akhirnya dia mengerti kalau mereka harus saling mendukung dan menginspirasi. ''Terima kasih buat Tuhan karena sudah menciptakan orang-orang luar biasa yang mendukung aku sampai di sini. Aku mau kalian menemani terus sampai tiba di tangga paling atas,'' katanya.
Devi Kinal Putri (Tim J) – 16,574 suara (peringkat 5)
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
''Sebenarnya, aku cuma mau satu. Aku mau masuk cover,'' kata Kinal. Kapten Tim J itu galau karena wajahnya tidak terlalu sering menjadi cover CD JKT48. Padahal, dia ingin ada yang dibanggakan saat keluar dari JKT48 nanti. Tidak hanya pamer single River yang memasang dirinya sebagai cover.
Memang, dia tidak tahu seperti apa cover single ke-10 nanti. Namun, dengan posisi lima, seharusnya bisa mengakomodasi keinginannya itu. Selain soalcover, dia juga mengaku bangga dengan fanbase-nya. Meski banyak yang mencibir karena dinilai tidak kompak, ternyata bisa mengantarnya sampai posisi ke-5.
Andela Yuwono (Tim T) – 17,610 suara (peringkat 4)
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
Banyak penggemar JKT48 yang menyebut Andela sebagai rising star padaevent pemilihan member single ke-10. Dia mencuri perhatian karena hanya butuh satu tahun untuk menarik perhatian penggemar JKT48. Secara mengejutkan, dia berhasil finis di urutan 4 melewati para senior.
Itulah kenapa dia merasa sangat berutang kepada para pendukungnya. Andela yang kelahiran Semarang itu tidak mau mengecewakan penggemar. Malah, dia sudah mematok target untuk menjadi nomor 1 di pemilihan berikutnya. ''Kalian sudah beri yang terbaik buat aku. Aku mau usaha menjadi yang terbaik di JKT48,'' ucapnya.
Melody Nurramdhani Laksani (Tim J) – 20,107 suara (peringkat 3)
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
Ketika namanya disebut sebagai member di peringkat ke-3, banyak yang tidak percaya. Ekspresi kaget para member lain tidak bisa disembunyikan. Melody mafhum. Sebab, selama ini dia dikenal sebagai ''wajah'' JKT48 karena mendominasi posisi center. Namun, pemilihan kemarin menunjukkan fakta lain.
Melody gagal mempertahankan posisinya sebagai center yang diraih pada event serupa tahun 2014 lalu. Meski sedih, dia merasa senang karena ada regenerasi posisi. ''Aku pernah bilang, ingin adik-adik merasakan posisi seperti aku. Alhamdulillah, di tahun ini banyak adik-adik menempati posisi yang tidak pernah disangka,'' tuturnya.
Haruka Nakagawa (Tim J) – 21,882 suara (peringkat 2)
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
Wajah member asal Negeri Sakura ini belakangan mulai wira-wiri di layar kaca. Kesibukannya setelah tiga tahun di JKT48 semakin banyak dan kadang terasa sangat berat. Dia pernah merasa ingin kembali ke Jepang. ''Takutnggak kuat. Dulu, di AKB48 tidak pernah seperti ini,'' akunya.
Beruntung, penggemar terus memberi dukungan supaya Haruka tetap semangat. Meski memiliki banyak kekurangan, dia berjanji untuk berusaha memberikan yang terbaik. Dia juga sempat bertanya kepada fans, apakah masih boleh di Indonesia. Fans pun kompak menyebut: boleh!
Jessica Veranda (Tim J) – 22,404 suara (peringkat 1)
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
Foto: Dimas Ginanjar/Jawa Pos
Gadis pemalu ini merasa takut meraih peringkat pertama. Alasannya, ada bayang-bayang Melody yang selama ini sukses menjadi center JKT48. Dia khawatir tugas menjadi center dalam single ke-10 dan berbagai kesempatan lain tidak berhasil dilakukannya dengan baik. Padahal, dia tidak ingin mengecewakan para penggemar.
Tapi, dia yakin setiap manusia bisa berkembang karena adanya inspirasi.Nah, Veranda meletakkan fans sebagai salah satu inspirasinya untuk menjadi lebih baik. Penggemar telah membuatnya lebih terbuka dari sosok perempuan yang selalu menutup diri. ''Aku mulai yakin dengan diri sendiri. Meski belum sempurna, kalian harus terus temani aku, ya,'' pintanya.