Header Ads

Harapan Member JKT48 pada Tahun 2015 (Artikel Jawa Pos Full Edition)


Konser di Jepang, Tapi Tidak Menumpang Acara AKB48


Menjelang tahun baru, personel JKT48 mempunyai banyak mimpi. Baik untuk dirinya sendiri maupun tempat mereka berkarir selama ini. Jawa Pos berkesempatan bertanya kepada 16 member itu tentang harapan mereka pada tahun mendatang
.
JKT48 menutup tahun ini dengan merilis single ke-8, Angin Sedang Berhembus. 16 di antara 68 member terpilih membawakan single milik AKB48 yang dirilis pada 2011. Mereka adalah Ayana, Beby, Kinal, Ghaida, Haruka, Veranda, Melody, Nabilah, Dhike, Shanju, Yupi, Vinny, Chikarina, Naomi, Thalia, dan Yona.

Jelang pergantian tahun ini, personel JKT48 menginginkan tahun depan lebih baik. Ayana Shahab, misalnya. Dia berharap JKT48 bisa tampil di luar negeri setelah menyelesaikan konser Mengarungi Samudra Nusantara Mengetuk Pintu Hatimu. Secara pribadi, dia ingin semakin sukses atas segala yang dikerjakannya. ’’Nilai sekolah juga bertambah bagus,’’ katanya.

Kapten Tim J, Devi Kinal Putri, mempunyai keinginan agar single Angin Sedang Berhembus bisa nge-hits. Saat personel JKT48 menyambangi kota untuk direct selling, banyak orang yang datang. Tujuannya, mereka mengetahui bahwa lagu baru tersebut benar-benar bagus.“JKT48 tidak hanya menyanyikan lagu cinta,’’ ujarnya.

Saat merilis mini album dengan judul yang sama, dia menyebut lagu tersebut bertujuan memberikan semangat dan optimistis. Selain itu, Kinal berharap urusan kuliahnya lancar dan mendapat IPK yang bagus.

Sedangkan, Haruka Nakagawa, personel asal Jepang, mempunyai asa di 2015 JKT48 bisa konser di Jepang. Tetapi, saat tampil, mereka tidak lagi menumpang acara kakaknya, AKB48. Dia juga berdoa berkaitan dengan kecintaannya terhadap Indonesia. Member kelahiran Tokyo, 10 Februari 1992, tersebut ingin lebih lancar dalam berbahasa Indonesia.

“Aku pengen lebih sering masuk televisi. Enggak hanya talkshow, tetapi lainnya. Misalnya, jadi co-host,” 
ujarnya.

Mengenai Haruka Project, sub unit pertama di JKT48, dia berharap bisa lebih bagus dan makin terkenal. Rencananya, sub unit itu diperkenalkan saat JKT48 menyelenggarakan konser ulang tahun ke-3.

Member Tim KIII Thalia lebih banyak mengekor soal harapan untuk JKT48, yakni masih seputar kesuksesan dan makin terkenal. Selain itu, fans terus bertambah dan bisa konser di luar negeri. “Kalau untuk diri sendiri, bisa lebih baik. Semoga aku bersama teman-teman makin terkenal sehingga bisa berkarir sendiri,” ucapnya.



Waktunya Miliki Single Orisinal


Tahun depan, JKT48 bakal berusia empat tahun. Meski sudah memiliki banyak fans, para personel merasa idol group tersebut belum banyak dikenal. Karena itu, mereka dan manajemen bakal bekerja sama dengan fans untuk menarik lebih banyak penggemar.

KAPTEN JKT48 Melody Nurramdhani Laksani berharap pada tahun 2015 JKT48 bisa memiliki single sendiri. Selama ini, idol group dengan 68 personel itu hanya menyanyikan ulang lagu milik kakak mereka. Misalnya, AKB48hingga HKT48. “Banyak member dan fans berharap kami mempunyai single orisinal,” ujarnya.

Dia pun mengamini mimpi member lainnya soal konser di luar negeri. Dengan berakhirnya konser Mengarungi Samudra Nusantara Mengetuk Pintu Hatimu, hal itu bisa menjadi pertimbangan untuk manggung di luar negeri.

Menurut mahasiswi tingkat akhir tersebut, mimpi itu bukan hal yang mustahil. Apalagi, mereka mempunyai beberapa lagu yang dibawakan dalam bahasa Inggris. JKT48 memang perlu membuat gebrakan untuk menambah fans. Mereka juga mempunyai harapan agar fans dan JKT48 Operational Team (JOT) bisa berhubungan lebih baik untuk kemajuan bersama.

“Untuk diri sendiri, aku ingin selalu lebih baik. Apa yang didapat sekarang, bukan segalanya. Aku juga pengen bisa cepat lulus kuliah,” ujarnya lantas tersenyum.

Beby Chaesara Anadila yang dikenal jago menari juga masih merasa fans JKT48 kurang menyebar. Pada tahun ketiganya, dia berharap JKT48 bisa menjangkau fans lebih luas. Itu hanya bisa dilakukan kalau member, fans, dan staf bisa bergandengan tangan.

“Aku berharap yang tahu JKT48 enggak cuma fans, tetapi juga orang lain. Semua orang mengetahui JKT48 tidak hanya dari nama, tetapi teater dan konsernya,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan Kapten Tim KIII Shinta Naomi. Berdasar pengalamannya, di lingkungannya saja masih ada yang bingung kalau ditanya apa itu JKT48. “Ke depan, semoga nama JKT48 makin naik dan maju. Pengen go internasional juga,” katanya.

Mengenai single orisinal juga disinggung Ghaida Farisya. Entah bakal menjadi kenyataan atau tidak, yang pasti hal itu menjadi keinginan para personel. Kalau harapan yang berkaitan dengan diri sendiri, Ghaida ingin lebih lama tinggal di Jepang. ’’Tahun ini aku menjadi peserta pertukaran pelajar di Jepang selama 3 minggu. Tetapi, aku ingin setahun di sana,” ucapnya. 



Makin Berkembang dan Terus Menginspirasi


Menginjak usia ke-3, para personel JKT48 berharap keberadaan mereka tidak hanya meramaikan panggung hiburan Indonesia. Lebih dari itu, 68 member ingin memberikan inspirasi bagi para penggemarnya.

HARAPAN itu muncul dari Jessica Veranda. Dia mengatakan, pada tahun 2015 JKT48 harus bisa terus memberikan inspirasi. Dia sangat terharu saat fans yang datang kepadanya dan berkata ingin seperti dirinya. Bagi dia, itu menjadi pujian sekaligus dorongan untuk terus maju.

Ve, sapaan akrabnya, yakin JKT48 yang memiliki tiga generasi akan terus berkembang. Karena itu, para member bisa terus memberikan inspirasi. Apalagi, pada tahun ketiganya, fans perempuan terus tumbuh. Selain itu, dia juga ingin berkembang bisa solo karir.

’’Seperti Haruka yang mulai solo karir, semoga aku nanti bisa. Kalau untuk diri sendiri, aku ingin terus membuat orang tua bangga,’’ jelasnya.

Harapan serupa juga dilontarkan Cindy Yuvia. Member kelahiran 14 Januari 1998 itu berharap agar JKT48 bisa terus berkembang dan makin dikenal. Sister group AKB48 pertama di luar Jepang tersebut juga diharapkan bisa bertahan lama hingga generasi-generasi baru bermunculan. ’’Aku juga ingin lulus dan kuliah di jurusan yang diinginkan,’’ imbuhnya.

Viviyona Apriani, rekan seangkatan Yuvia di JKT48, juga ingin JKT48 makin berkembang. Bisa seperti tagline konser hari jadi ketiga nanti. Yakni, Saya Masih Anak Kecil. Artinya, mereka tidak cepat puas dengan apa yang didapat. Termasuk, mempunyai banyak inovasi untuk menarik banyak fans.

’’Kami terus berkembang dan mengepakkan sayap lebih tinggi lagi. Kalau untuk diri sendiri, aku ingin bisa mengimbangi sekolah dan latihan,’’ harapnya.

Meski tergolong baru di JKT48, member lain asal Jepang, Chikano Rina, juga sudah menata mimpi-mimpinya di Indonesia. Dia berusaha keras untuk menyampaikan harapan tersebut melalui bahasa Indonesia. Dia berharap JKT48 harus lebih sukses dan terkenal. ’’Semoga aku juga bisa terkenal di Indonesia,’’ tuturnya. 



Terbaik di Sekolah hingga Konser di GBK


Seluruh member JKT48 saat ini masih mengenyam bangku pendidikan. Ada yang SMP, SMA, maupun kuliah. Padatnya agenda JKT48 membuat mereka harus pandai-pandai mengatur waktu.

TIDAK sedikit member JKT48 yang akan menghadapi ujian nasional pada tahun 2015. Salah satunya Nabilah Ratna Ayu Azalia yang kini duduk di bangku SMP. Dia sudah menguatkan tekad untuk melewati dengan sempurna momentum yang menentukan itu.

Selanjutnya, dia juga ingin mendapatkan SMA terbaik untuk menimba ilmu. ’’Semoga aku bisa membagi jadwal dengan baik antara JKT48 dan sekolah,’’ tuturnya.

Untuk JKT48, member yang suka dengan kelinci itu mengamini harapan teman-temannya. Tujuannya, tempatnya meniti karir bisa makin bagus dan menjadi yang terbaik.

Harapan serupa muncul dari Rezky Wiranti Dhike. Dia mempunyai harapan lain setelah keinginan IPK-nya naik pada tahun ini terpenuhi. ’’Aku ingin main iklan, he..he..he. Untuk JKT48, semoga bisa lebih bersinar lagi hingga 10 tahun lebih dan jadi idol group nomor satu di Indonesia,’’ ucapnya.

Kalau sebelumnya para member ingin mengadakan konser di luar negeri, Ratu Vienny Fitrilya, personel Tim KIII, mempunyai harapan lain. Dia justru bermimpi bisa mengadakan pertunjukan spektakuler di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Kemudian, fans akan berbondong-bondong memenuhi lokasi konser.

Apakah itu bisa terwujud di tahun 2015? Tidak ada yang tahu pasti. Hanya, Vienny memastikan akan memberikan yang terbaik bagi JKT48 pada 2015. ’’Aku sendiri ingin terus berkarya di sekolah dan JKT48,’’ katanya.

Berbeda lagi dengan Shania Junianatha. Dia berharap JKT48 tidak hanya merilis mini album setelah mengeluarkan single baru, tetapi juga album. Dengan begitu, album pertama mereka, Heavy Rotation, akan mempunyai ’’teman’’. Selain itu, dia mempunyai harapan agar JKT48 bisa bermain film lagi.

Seperti diketahui, pada liburan sekolah 2014, mereka merilis Viva JKT48. Rencananya, film tersebut akan dibuat trilogi. Namun, hingga kini belum jelas apakah proyek itu akan dilanjutkan atau tidak. ’’Kalau diri sendiri, aku ingin lebih kurus pada tahun depan,’’ katanya lantas terbahak.
Post a Comment
Powered by Blogger.